Cari Blog Ini

Kamis, 11 September 2014

Perjalanan seru di Bromo


Assalamu'alaikum
Alhamdulillah atas segala karunia & nikmat Alloh SWT sehingga ane masih diberi kesempatan untuk menikmati indahnya bumi nusantara ini. Dan untuk edisi kali ini TKP nya adalah Gunung Bromo #loh kan udah pernah gan?? Yup di edisi yang lalu pernah ane posting travelling ke Bromo, tapi untuk kali ini berbeda dengan yang lalu #bedanya apaan?? Untuk yang sekarang ane ambil view sunrise & bromo dari Penanjakan, kalo yang lalu katanya tuh penanjakan bayangan. Untuk menuju kemari ane menggunakan kereta ekonomi dengan tiket 50K menuju Surabaya (SBY). Seminggu sebelumnya ane udah booked tiketnya untuk PP Yogya-Surabaya berangkat jam 8.46. H-1 ane udah packing tuh segepok peralatan biar paginya bisa langsung berangkat. Lalu setelah shubuh ane bersihin rumah dulu karena mau ane tinggal beberapa hari. Nyapu, nyuci baju, nyuci piring pokoknya udah persis kayak pembantu. Jam 8.15 ane udah siap menuju ke stasiun tapi mampir di rumah ortu dulu biar motornya berteduh disana. Eh,, gak tahunya di rumah malah sepi. Akhinya ketemu sama saudara terus ane suruh anterin aja. Tiba di stasiun pas pukul 8.46. Ane langsung lari sekencang-kencangnya biar gak ketinggalan kereta. Pas sampai di pintu masuk tiba-tiba terdengar #tut,,,tut,,, tut,,, Kereta Logawa telah berangkat... Astagfirulloh, ane ketinggalan kereta #persis koyo sinetron,,, Ya udah tanpa berpikir panjang ane langsung lihat stok kereta ke Surabaya untuk siang ini & masih ada. Setelah lama antri, Alhamdulillah akhirnya dapat tiket tapi berangkat jam 14.00. Dari pada ketinggalan mending nunggu aja di stasiun. Yup, 5 jam berada di stasiun ane gunain buat ngapalin QS Al-Mutaffifin karena baru hafal separo. 300 menit kemudian akhirnya dapat merebahkan raga ini didalam gerbong sambil menuju ke SBY.


Dan sepanjang perjalanan disuguhin live video timelapse 25 fps dari jendela #cepet banget. Karena ketinggalan kereta, jadi jadual travelingnya berubah. Harusnya tiba di SBY jam 16.00 menjadi jam 19.30 (di tiket). Dan entah kenapa ini kereta demen banget berhentinya. Tiap ada stasiun berhenti, di rel berhenti, ditengah palang pintu berhenti sampai di lampu merah perempatan berhenti #karena sering berhentinya,,, he,,he,, Dan lebih hebohnya lagi, di kereta ini tuh rame banget seperti ramenya pasar ama taman kanak-kanak dijadiin satu. Ane mo tidur aja susah walhasil mata ane jadi lebih banyak meleknya daripada meremnya. Langit mulai gelap & hawa dingin AC sudah menusuk kulit ternyata masih belum sampai juga #sepur e kokean mandek,,, Jam 21.30 kereta berhenti juga di SBY meski molor dari yang teretera di tiket (19.30). Nach di SBY tuh udah ada teman ane Amri yang siap duet traveling. Tanpa berlama-lama akhirnya kami  meluncur melewati jalanan menggunakan motor #what??? Pake motor??? Iya, itulah kenapa ane nyebutnya perjalanan seru. Berawal dari SBY melewati kota yang indah dengan taman Bungkul & Skate parknya yang bikin hasrat njepret ane meningkat untuk urban landscape. Suasana kotaya hampir sama kayak Jakarta. Setelah itu melintasi jalur Sidoarjo lalu Probolinggo yang banyak dihuni bus & truk besar. 240 menit kemudian kami telah sampai di TPR Bromo. Tak lama menunggu ane pun segera membereskan tiket masuk & langsung menuju ke Penanjakan. Untuk sampai penanjakannya kita harus melewati hamparan pasir di kawasan Bromo #apa lewat situ gan??? Yup, ini yang bikin keseruan menjadi memuncak karena kita menggunakan motor biasa bukan motor off road. Roda yang seharusnya berjalan di aspal malam itu harus rela berputar di hamparan pasir meski tak seharusnya. Keseruan itu semakin meningkat lagi karena kita harus beriringan ama Jeep yang banyak berlalu-lalang hingga pasir-pasir berterbangan & menyebabkan jarak pandang berkurang. Sesekali roda motor terjebak di kubangan pasir yang dalam. Sambil bertakbir ane pacu kuda besi lebih cepat agar tidak tertinggal sunrise. Akhirnya 1 jam kemudian kami berhasil melewati hamparan padang pasir, namun itu belum berakhir. Kami harus melewati jalanan aspal yang terjalnya minta ampun bersama beberapa Jeep yang sesekali berjalan dengan kecepatan tinggi. Awalnya motor ini kuat, tapi di suatu tanjakan tiba-tiba gas udah pol tapi gak mau jalan. Gara-gara Jeep tadi ane jadi kurang ancang-ancangnya buat buka full throtle. Dan Amri pun harus rela turun jalan kaki biar ini motor bisa bernafas lega. Ketika Amri jalan kaki, tiba-tiba datang tukang ojek yang nawarin nganterin dengan tebusan 50K. Ane udah bilang, jangan percaya ama dia, Musyrik,,, #he,,he,, Percaya ama Alloh aja ,,, # he,,he,, Entah kenapa tiba-tiba Amri mau ajakan abang tukang ojek itu #duh,,, Dan pada suatu jalan abang ojek berhenti & bilang penanjakan cuma di situ mas jadi sampai sini aja nganternya. Ane udah merasa ada yang aneh nich, masak gak dianterin sampai puncak. Dan kekhawatiran ane terbukti gan, jalan menuju penanjakan tuh masih jauh banget. Lalu kami pun terus berusaha melewati jalan terjal hingga terjadilah kemacetan di suatu jalan. Ane udah ngerasa nich, ini kemacetan pasti gara-gara tukang ojek lagi. Dan prasangka ane lagi-lagi bener gan, jadi karena banyak yang berjalan, mereka nawarin ojeknya hingga memenuhi jalan. Ya pantes lah yang ke atas jadi kagak bisa lewat. Lah tuh tukang ojek pada ngalangin jalan. Jam 4.00 dengan kesabaran Alhamdulillah kami sampai di pos penanjakan sambil memarkir motor di sebelahnya. Pas sampai di Penanjakan, ternyata udah bejibun orang memadati tempat ini. Gila,,,, ini di gunung ato di pasar sich???? Ruame,,, banget,,, Sebelum matahari terbit ane sholat shubuh dulu, sayang rela-rela nunggu matahari tapi gak ingat ama yang ciptain matahari. Pukul 4.20 semakin banyak yang datang hingga ane pun gak kebagian tempat. Sejenak melihat ke langit dengan bintang-bintang yang masih berkeliaran & berulang kali njepret gak berhasil karena kamera goyang terkena orang yang berlalu-lalang.


cuma dapat tempat sempit buat photo ini

Di ujung timur view before sunrise udah mulai menggoda. Garis semburat jingga membuat mata ini semakin ternganga sekaligus kagum atas indahnya ciptaan Alloh SWT. Yup, dimusim panas seperti ini emang lagi kerennya sunrise. Langit yang cerah menambah penampakan sunrise menjadi bergairah meski harus berdesakan dengan yang lain. So enjoy this view gan,,,

cuantiknya,,,, Subhanalloh
kerennya,,,
karena rame sampe ke genteng
Setelah matahari mulai naik, keindahan Bromo, Batok & Semeru mulai terlihat. Subhanalloh,,,, Keren banget,,, ini Indonesia,,,, Tapi ane masih harus berdesakan ama pengunjung lainnya. Langsung aja ane meluncur ke spot-spot yang keren tapi agak menantang tempatnya. Check this out gan,,,

cantiknya kaya kamu,,, eeaa,,,,
 


hamparan pasir berbisik
 





disini cocok buat nge-camp
Setelah ane puas membidik dari segala posisi, ane balik lagi pos penanjakan dan ternyata Amri masih kedinginan #duh,,, Langsung aja ane rangkai kompor buat masak air untuk buat milo panas biar Amri gak kedinginan. Sementara Amri masih kedinginan, ane siapin sarapan roti pisang untuk mengisi perut kosong. Setelah semua masuk tenggorokan & udah agak mendingan, ane langsung menuju kawah Bromo. Dari jauh nampak berbeda kondisinya ketika musim kemarau ini. Lebih gersang tapi tetap menarik untuk di nikmati gan. Dan kita harus melewati hamparan pasir lagi #duh,,, Dan akhirnya sampai juga di tepat parkir kawah Bromo. Karena Amri sudah lelah & dingin, maka ane sendiri yang berjalan menuju kawah.


protect your breath,,, its danger
 

perlu keberanian untuk anti mainstream
asap lagi banyak banget
gunung batok pun ikut gersang

slide,,
Semakin siang semakin panas & debu pun semakin berterbangan. Karena kondisi Amri yang gak mood, langsung aja ane ajak menuju ke Savana. Untuk menuju kemari lagi-lagi harus melewati hamparan pasir. Jadi kalo dihitung tuh ane sama aja ngitari gunung Bromo & Batok pake sepeda motor #huft,, Tapi ane tetap semangat karena inilah bagian serunya traveling. Gak boleh mengeluh & menyesal atas semua keadaan #wuih,,, Dan di musim kemarau ini Savana pun ikut gersang.



me in action
Karena saking asyiknya njepret, ane jadi lupa buat video. Yah, maaf gan,, #he,,he,,
Banyak banget pelajaran berharga yang menambah ilmu ane selama perjalanan. Alhamdulillah ya Alloh ane dapat kembali ke rumah dengan selamat. Hal yang paling parah yaitu ketika sampai di penanjakan menanti sunrise. Mereka rela datang pagi-pagi dingin untuk menikmati sunrise. Tapi kadang cuma datang ke masjid sholat shubuh aja kagak. Hati-hati, ini yang dinamakan syirik. Dan dosa syirik adalah dosa besar yang tidak di ampuni Alloh. Seperti dalam QS An-Nisa : 116

1 komentar:

  1. Saat kesini di bulan Agustus 1999, saat itu belum era camera digital, akibatnya cuma sedikit sisa foto-foto yg masih ada.
    Besok akan coba ke tempat ini lagi deh :-)

    BalasHapus