Cari Blog Ini

Rabu, 31 Desember 2014

Jeram extreme di Progo hulu

Asssalamu'alaikum
Alhamdulillah atas segala karunia & rahmat Alloh SWT ane masih dapat menikmati indahnya bumi nusantara ini. Dan untuk TKP edisi kali ini yaitu di sungai Progo hulu. Traveling ane bareng-bareng ama teman kantor gan karena tiap tahun kantor tuh ada kegiatan gathering. Jadi untuk tahun ini kita mainan air di sungai Progo hulu. Untuk rafting nya start dari Hotel Puri Asri Magelang. Namun kegiatan pagi itu tidak hanya rafting tetapi outbond juga. Karena tujuan gathering untuk mengakrabkan sesama karyawan juga mencairkan suasana kantor #hehe,,, Sabtu pagi yang mendung menjadi awal keberangkatan kami dari kantor. Jam 08:00 kami sudah meninggalkan kantor menuju TKP. 30 orang menjadi peserta yang siap meriahkan acara hari itu. 90 menit kami habiskan di perjalanan & tiba di hotel pukul 09:30. Matahari cukup terik meski mendung mulai bermunculan. Untuk mempersingkat waktu kami pun langsung menuju tempat outbond. Berbagai game pun cukup membuat tawa kami tak hentinya ngakak. Dan kumandang adzan dzuhur menjadi penanda berakhirnya sesi outbond. Kemudian break dulu buat makan siang & sholat. Setelah cukup, kami sudah memakai out fit segera untuk basah-basahan. Dan untuk acara ini ane bukan yang motret mereka jadi ane bisa nikmatin acaranya. Sebelum memulai rafting, tentunya breafing dulu untuk teknisnya. Segala etika dalam rafting sudah diberikan dan kini saatnya mulai mengarungi Progo hulu.

Dan ane sudah request ama pemandu nya untuk melewati semua jeram extreme #hehe,, yang lain pada takut. Ane juga bilang ama yang lain, kita mo rafting lho bukan ciprat-cipratan air. Lalu perahu pun melaju mengikuti alir sungai di iringi yang lain. Baru aja berjalan, sudah terjadi perang air. Yah, tak bisa dipungkiri #maklum do seneng kekeceh,,, Dan ane terus bilang ama satu perahu untuk tidak meladeni perang air ini karena perjalanan kita masih jauh & ntar cepet capek. Perahu kami pun berada di belakang agar menjauh dari yang lain yang dari tadi cuma ciprat-cipratan air. 20 menit kemudian spot jeram pertama sudah di depan. Dan pemandu sudah merespons request ane. So, the show is begin,,, #hehe,,, Perahu pun mulai melaju cepat & ketika berada dalam spot jeram, pemandu pun membelokkan kemudinya. Perahu pun jumping & salah satu team pun terjatuh #byurr,,,

Suasana di perahu sudah porak-poranda. Sementara salah satu team yang jatuh tampaknya salah posisi hingga dari kejauhan tenggelam. Melewati beberapa arus masih saja tenggelam #wooo,,,, Setelah pemandu menginstruksikan posisi di air baru bisa bernafas. Beberapa liter air sungai Progo sudah merasuk dalam perutnya #hehe,,,, Perahu pun mendekat & berhasil di angkat. Tampak dari raut wajahnya masih terlihat ketakutan. Selang beberapa menit sudah lega kami pun kembali ke posisi. Lalu jeram-jeram kecil kami lewati dengan ceria. Dan perahu kami pun jauh dari yang lain #ndak keno perang air.

Tibalah kami di tempat rehat sementara, sambil menikmati air putih, disini juga untuk photo berjamaah.

Lalu kami lanjutkan perjalanan kembali & mendung pun mulai menjatuhkan airnya. Gerimis siang itu menjadikan rafting semakin seru. Yup, ini yang ane suka. Berharap debit air naik dengan datangnya air hujan. Pohon-pohon besar di pinggir sungai menambah suasana rafting semakin bergairah.

Setelah hampir 2,5 jam melintasi Progo hulu, bentar lagi sudah finish. Tapi sebelum finish masih ada spot jeram paling bahaya yang bakal kami coba. Semua perahu sudah di depan melihat pertunjukkan kami #malah koyo nonton sirkus,, Yup, pemandu benar-benar memenuhi request ku. Padahal satu perahu yang lain sudah ketakutan. Dayung mulai mengayuh dan tibalah kami berada pada pusaran jeram. Tampak dari jauh perahu yang lain terdiam menyaksikan kami berpusar di jeram ini. Keadaan perahu pun sudah terombang-ambing hingga posisi kami pun sudah berserakan. Sebenarnya ane masih kuat pegangan agar tidak jatuh. Hanya saja ane mau mencoba jeram di bawah. Dan perlahan pun ane lepas pegangan #byur,,, Badan ane pun sudah berada di sungai. Awalnya ane tenggelam terus karena arus di bawah berpusar & kencang banget. Tapi ane udah perhitungin karena ini spot extreme jadi udah tahu kondisi apapun yang terjadi. Sesekali ane menghirup nafas namun sesekali juga tenggelam. Arus bawahnya bener-bener kencang. Tapi dengan tenang & santai ane ubah posisi badan. Tak lama kemudian ane malah berenang gaya kupu-kupu #hehe,,, Sementara yang lain masih terdiam melihat kejadian itu. Dari pinggir sungai pemadu yang lain melemparkan tali & dengan santai ane genggam lalu sampailah ane di pinggir sungai. Namun kondisi perahu masih berputar di spot jeram extreme tadi. Lalu teman ane tiba-tiba jatuh juga. Dari pinggir sungai ia terlihat kewalahan, hingga lemparan tali tak dapat diraihnya. Kemudian satu perahu pun bergegas mendekatinya & Alhamdulillah berhasil mengangkatnya. Dan yang lain masih terdiam menyaksikan kejadian itu. Kemudian perahu kami meninggikan spot jeram extreme di ikuti yang lain. 10 menit kemudian kami sudah berada di garis finish. Kelapa muda & makanan ringan menjadi penutup rafting di Progo hulu sore itu.